klik disini untuk mengenal saya
TENTANG SAYA DAN KEMAMPUAN SAYA

Digital Sablon

artikel dengan sedikit penambahan

Gigital Sablon merupakan sablon dengan proses mentransfer gambar dari hasil print atau cetak kertas ke kaos ataupun media-media lainnya
untuk jumlah kecil-kecilan bisa menggunakan printer yang memakai tinta khusus atau tinta sublime
sedangkan untuk produksi jumlah besar seperti kaos-kaos partacetak gambar menggunakan proses cetak.

berikut ini proses pembuatan digital sablon denggan menggunakan printer. artikel saya ambil dari http://ronitadp.wordpress.com/















Jenis Tinta:
Khusus sublime
Printer:
Inkjet (epson)
Kertas:
1. HVS –> boleh aja
2. Inkjet –> banyak yg pakai
3. kertas khusus sublimation –> paling bagus

Proses:
1. Design
2. Print terbalik (mirror) di kertas
3. Letakan di atas kaos (warna terang dan mengandung polyester) gambar menghadap kaos.
3. Press dgn mesin heat press (200-250 derajat, 40-50 detik)
Keuntungan:
1. Proses cepat, mudah, gak ribet
2. Warna cerah million colors.
Kerugian:
1. Hanya bisa di kaos yg mengandung polyester (PE, TC, polycotton, silk, satin). –> ini banyak yg kurang suka dgn jenis bahannya.
2. Warna akan semakin cerah jika mengandung polyester 100%. –> kaos makin panas.
3.Hanya bisa di kaos warna terang. –> tdk ada tinta warna putih.

Mengapa menggunakan printer Epson R230 ?

Printer Epson Stylus Photo R230 merupakan type printer yang paling LAKU alias HOT SALE! Karena kemampuan dari printer ini yang diatas rata2 printer pesaing.

Kelebihan :
- Dari Segi ketahanan PRINT HEAD dengan menggunakan tinta infus berkualitas
bagus maka dapat bertahan diatas 1 (satu) tahun. (dibuktikan oleh pelanggan saya!)
- Hasil cetakan sangat bagus, rata2 pelanggan saya mengaku sangat puas dengan
hasil cetakan EPSON R230.
- Sangat cock untuk dipasangkan infus kit.
- Ada software reset ink tank full yang dapat diperoleh di internet / pm saya untuk hal ini. Akan saya upload untuk anda software resetter-nya.

Kelemahan :

- Printer EPSON terkenal dengan ke-BOROS-an akan tinta tidak terkecuali type ini,
namun mungkin hal inilah yang menyebabkan print head EPSON lebih AWET
dari pihak pesaing.
- Khusus untuk type EPSON Stylus Photo R230 saya mengalai keluhan pelanggan
di penarik kertas. Apakah anda mengalaminya?

Kesimpulan : Sangat cocok untuk dijadikan printer usaha karena sangat cocok untuk pemasangan infus sehingga menghemat biaya pengeluaran tinta anda! Printer head printer ini juga lebih tahan ( dengan penggunaan tinta yang bagus!) dibanding type lain.

TIPS & TRIK SEPUTAR PRINTER :

1. Printer tidak perlu selalu di matikan/dinyalakan kembali, karena komsumsi daya listrik hanya 5 watt saja.
2. Usahakan untuk menggunakan printer minimal seminggu 2 kali seminggu untuk menjaga kelembaban permukaan head dan kestabilan aliran tinta
3. Pakailah selalu tinta isi ulang dengan merk yang sama, karena setiap tinta memiliki karakteristik kimia yang berbeda.
4. Jangan pernah meletakan botol sistem infus diatas printer/dibawah printer. Letakan botol sejajar/se level dengan posisi printer
5. Buka karet kecil pada tutup botol infus saat hendak di pakai, karet besar untuk mengisi tinta, tutup semua karet botol infus bila ingin memindahkan printer ke tempat lain

APAKAH TINTA SUBLIM ?


tinta sublim adalah termasuk tinta koloid yang memliki konstruksi/struktur bahan yang disesuaikan dengan tinta printer epson. jadi tinta sublim adalah salah satu varian dari tinta pigment dengan kemampuan transfer.

sedangkan struktur tinta printer canon dan tinta epson terdapat perbedaan yaitu pada properti kimia dan fisikanya, seperti surface tension dan konduktivitasnya

jadi kemungkinan besar tinta sublim yang ada saat ini tidak bisa digunakan untuk printer canon, karena memang tinta sublim saat ii dirancang untuk printer epson, dan apabila nanti ada rancangan baru yang cocok untuk printer canon, maka silahkan anda menggunakan tinta sublim khusus printer canon

TIPS :

Untuk menyablon di kaos katun gelap, disarankan menggunkan tinta dye base ORIGINAL EPSON karena sudah teruji ketahannya!
Sumber : www.tintaku.com


Proses Sablon Digital
Sumber: http://www.bluerayshop.biz

Sablon Digital adalah proses untuk transfer partikel-partikel warna ke atas bahan-bahan baku yang bisa menyerap panas dalam tingkat yang tinggi. Biasanya digunakan untuk mencetak ke textil, keramik, gelas, ataupun logam, dan lainnya.

Bisakah saya transfer gambar ke plastik? Pertama-tama anda harus mengerti bahwa proses pemindahan gambar anda ke bahan baku, diperlukan proses transfer panas yang menggunakan mesin press supaya gambar tersebut bisa mengikat ke coating bahan baku tersebut. Jadi jawabannya bisa saja apabila bahan plastik tersebut bisa tahan panas setinggi 150 derajat celcius.

Sekarang ini, apabila orang-orang berbicara tentang sablon digital, maka kebanyakan dari mereka akan menyebutkan sablon digital yang menggunakan printer deskjet karena biayanya yang sangat murah. Printer yang sangat cocok untuk digunakan untuk proses sablon digital adalah printer Epson karena teknologi headnya yang sangat baik, kepekatan hasil print, dan biayanya yang murah.

Kenapa harus menggunakan printer Epson, kenapa tidak yang lainnya? Printer Epson adalah satu-satunya printer yang menggunakan teknologi micropiezo yaitu teknologi yang menyemprotkan tinta ke atas media yang di cetak daripada memanaskan gelembung udara yang digesek langsung ke kertas. Dengan cara disemprotkan dikertas itu, tinta tidak panas, karena kalau tinta sublimasi terkena panas maka akan bereaksi dan berubah secara langsung.

Dalam proses sablon digital menggunakan printer inkjet, cairan tinta itu adalah sebagai pembawa bahan pewarna tersebut. Cairan akan tetap berada dikertas ketika proses transfer terjadi dari kertas ke bahan baku. Hasil cetakan sablon digital ke kertas akan terlihat sangat pucat apabila dibandingkan dengan hasil akhir ke bahan baku tersebut.

Tinta sablon digital akan langsung menempel ke bahan-bahan tekstil seperti polyester, hijet, tc, ataupun satin. Tapi apabila anda ingin mencetak ke bahan katun, maka diperlukan kertas transfer khusus. Gambar yang tercetak ke bahan katun akan jauh lebih terang apabila dibandingkan gambar yang tercetak ke bahan baku polyester, hijet, tc, ataupun satin, tetapi hasil cetaknya tidak akan tahan selama hasil cetak di atas bahan baku polyester, hijet, tc, ataupun satin.

Setelah saya mencetak gambar saya ke atas bahan-bahan tersebut, bisakan saya cetak ulang atau saya hapus? Jawabannya tidak. Ketika gambar anda sudah ditransfer, maka hasil itu akan menjadi bahan permanen di bahan baku tersebut, walaupun anda bisa mencopotnya dengan cara apapun, maka kemungkinan besar bahan baku tersebut akan ikut rusak.

Untuk mencari tahu margin keuntungan Sablon Digital, klik disini.

Untuk ke halaman Peluang Usaha, klik disini.

Untuk ke halaman depan, silahkan klik disini.

3 komentar:

  1. gan numpang nanya nih,kalo epson L110 kiara2 bisa dipakai buat tinta sublimat langsung enggak?,tanpa di modif lagi, kalo bisa berarti tinta bawaan epson L 110 di keluarkan habis enggak?terimakasih jawaban nya gan,
    lkmnhkm85@gmail.com

    BalasHapus
  2. printer canon bisa diaplikasikan untuk ini? ulasan singkat di http://canonprinter99x.blogspot.com

    BalasHapus
  3. gan, kalu untuk ngeprint plastik (seperti kemasan refil minyak goreng) bisa nggak ya gan?

    BalasHapus


ARTIKEL-ARTIKEL

Karena Cukup banyaknya Tulisan tentang sablonase,
Maka Artikel-artikel yang saya tampilkan rata-rata bukan artikel saya sendiri,
melainkan artikel yang saya dapat dari hasil search di google.
dikarenakan tulisan yang satu dan yang lain tidak jauh berbeda. dan memang demikianlah adanya ilmu sablonase tersebut.
blog ini saya buat hanya sekeder mengadu nasip untuk mencari pekerjaan demi sesuap nasi untuk mengganjal perut yang rakus ini, dijaman yang serba sulit.

saya mencantumkan pula sumber pengambilan artikelnya.